Membuat blogroll dengan marquee

Blogrol dalam sebuah blog hampir selalu dibutuhkan. Karena tidak jarang kita harus memasukkan ini itu yang bersifat mendukung konten blog kita. Bagi ane pribadi tampilan adalah salah satu hal yang tetap kita jaga. Jangan sampai blog kita punya kesan yang membosan kan. Sedikit modif, maka ane membuat blogroll dengan perintah marquee.

Lalu apakah marquee itu, Marquee itu secara sederhana dapat ane definisikan sebagai kumpulan teks yang berjalan. Udah terfikir blum. Kalau belum ni ane kasih contohnya langsung.

Chemie08



Coretan anak rantau



Catatan seorang Newbie



Amatullah's blog

Ini script nya....


<marquee direction="up" height="200" onmouseout="this.start()" onmouseover="this.stop()" scrollamount="2" width="100%">

<a href="http://chemie08.blogspot.com/" target="_blank">Chemie08</a>

<a href="http://blog.unsri.ac.id/suherifauzan" target="_blank">Coretan anak rantau</a>

<a href="http://chemie08led.blogspot.com/" target="_blank">Catatan seorang Newbie</a>

<a href="http://amatullah83.blogspot.com/" target="_blank">Amatullah's blog</a>

</marquee></div>

Sedikit penjelasan dari ane mengenai beberapa kode diatas yang bisa kamu edit.
  • Scrollamount, merupakan perintah yang mengatur kecepatan bergerak link-link yang kita masukkan. Kalau dirasa terlalu cepat maka ganti lah angka 2 dengan 1. Dan begitu pun sebaliknya,
  • Direction, merupakan perintah yang mengatur arah bergerak dari link-link yang kita masukkan. Untuk diatas kita menggunakan perintah "up" atau atas sehingga arah bergeraknya link ke atas.
  • Width, merupakan perintah yang menyatakan lebar dari scroll yang kita punya. Biasanya dapat di definisikan dalam satuan persen atau pixel. Tetapi untuk memudahkan kita pilih saja persen. Kalau dirasa scroll nya terlalu besar. Maka dapat kalian ganti dengan persentase yang lebih kecil.
  • Height, merupakan perintah yang menyatakan tingginya scroll yang kita punya. Dan silahkan berkreasi dengan imajinasi mu.
  • Onmouseover, merupakan perintah yang unik. Dimana ketika pointer kita jauhkan dari scroll maka scroll akan bergerak.
  • Onmouseout, merupakan perintah yang unik sama halnya dengan penjelasan poin 5. Tetapi mereka berdua bekerja secara berkebalikan. Berarti ketika pointer di dekatkan maka link yang ada di scroll akan berhenti.

Semoga bermanfaat....

Related Posts by Categories



0komentar:

Posting Komentar